Apakah ilmu kimia itu ??


Sulit mendefinisikan ilmu kimia sehingga mencakup semua ruang lingkup kimia. Secara singkat, dapat dikatakan bahwa ilmu kimia adalah ilmu pemahaman dan rekayasa materi.
Rekayasa yaitu mengubah suatu materi menjadi yang lain. Untuk dapat melakukan rekayasa tersebut, para ahli perlu memahami ilmu kimia, yaitu mengetahui susunan, struktur, serta sifat-sifat materi. Oleh karena itu, ilmu kimia dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan, materi, serta energy yang menyertai perubahan tersebut. Kita akan membahas definisi ini sehingga menjadi lebih jelas.
Pertama, Apa yang dimaksud dengan air? Dan apa yang dimaksud dengan Alkohol? Air adalah suatu senyawa dari hidrogen dan oksigen. Rumus kimianya H2O , Alkohol (etanol) adalah senyawa dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Rumus kimianya C2H6O , dan kenapa alcohol dapat terbakar, sedangkan air justru mematikan api? Dalam ilmu kimia, air, dan alcohol digolongkan sebagai senyawa, yaitu perpaduan dari dua jenis unsur atau lebih dengan komposisi tertentu. Unsur adalah zat paling dasar dan penyusun segala macam senyawa. Air adalah senyawa yang tersusun dari dua jenis unsur yaitu hydrogen dan oksigen,
Rumus kimia menyatakan susunan atau hakikat zat. Setiap zat melalui percobaan. Mulai dari zat yang sederhana, seperti air, hingga zat yang sangat kompleks, seperti protein dan DNA.
Pengetahuan tentang susunan zat membantu pemahaman tentang sifat zat itu. Alcohol dapat terbakar karena karbon, oksigen, dan hydrogen di dalamnya membentuk ikatan yang kurang stabil dan dapat bergabung atau bereaksi dengan oksigen diudara membentuk ikatan yang stabil. Di lain pihak, air merupakan senyawa yang tersusun dari hydrogen dan oksigen yang membentuk ikatan stabil. Air tidak dapat bereaksi dengan oksigen di udara karena tidak dapat membentuk ikatan yang stabil.
Di lain pihak, air merupakan senyawa yang tersusun dari hydrogen dan oksigen yang membentuk ikatan stabil. Air tidak dapat bereaksi dengan oksigen di udara karena tidak dapat membentuk ikatan yang stabil.
        Kemudian yang dimaksud dengan struktur materi? Jadi materi itu terdiri atas partikel dasar yang disebut atom. Atom sejenis atau berlainan dapat bergabung membentuk molekul. Atom dan molekul bersifat netral. Atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik disebut ion. Jadi, yang dimaksud dengan struktur materi adalah gambaran tentang bagaimana atom-atom saling terikat. Stuktur berpengaruh besar pada sifat-sifat maetri. Intan dan grafit, keduanya tersusun dari atom karbon, tetapi keduanya, sangat berbeda, bukan? Intan merupakan materi yang mempunyai kekerasan paling tinggi, sehingga dapat dipakai sebagai “pisau” untuk memotong kaca, selain itu, karena kilauanya, intan dapat dipakai untuk perhiasan. Di lain pihak, grafit tidak mempunyai kekerasan yang tinggi dan dapat menghantarkan listrik.
            Ilmu kimia juga mempelajari sifat materi. Para ahli telah mengidentifikasi dan mencatat sifat dari jutaan jenis zat. Setiap zat mempunyai sifat khas (spesifik) yang membedakannya dari zat lain. Selain itu, antara berbagai zat juga terdapat kemiripan sifat. Berdasarkan kemiripan sifatnya, zat kimia dapat diklarifikasikan, dan hal ini sangat memudahkan kita mempelajari ilmu kimia. Pengetahuan yang diperoleh dari pengamatan tentang sifat zat disebut pengetahuan deskriptif.



Post a Comment

Previous Post Next Post